Kamis, 19 September 2013

SEJARAH BALARAJA

SEJARAH BALARAJA

Balaraja adalah wilayah yang terkenal dengan kota seribu pabriknya. Namun tahukan kalian tentang sejarah balaraja sesungguhnya. Atauanda sendiri sudah paham menurut pandangan anda sendiri. Di sini akan saya kupas tentangsejarah balaraja secara mendetail dan menyeluruh.
Kata Balaraja di ambil dari dua kata. BALAI dan RAJA. Menurut sejarah yang penulis teliti dari berbagai sumber. Kata tersebut bukan sembarang kata. Kata tersebut mengandung makna yang berarti buat khasanah sejarah di kabupaten tangerang. Balaraja yang notabene selalu berkenaan dengan pabriknya dan kota tekstilnya sebenarnya ada rahasia sejarah yang penting dan mistik. Tahukan anda, bahwa kata balaraja sebenarnya adalah persingagahan pararaja. Konon pada abad ke 16 pernah berkumpulnya para raja senusantara dalam upaya penelusuran kerajaan-kerajaan dan balaraja adalahtempat perkumpulantersebut. Raja-raja yang pada saat itu berkumpul adalah Raja Homengkubuono ke X, Raja Sultan Hamid(jawa timur), Raja Sultan Ageng Tirtayasa (banten), Raja Anoman (jawa tengah), Raja Panembahan Senopati (purwakarta), Raja Prabusiliwangi (jawabarat), Raja Ternate-Tidore (halmahera), Raja Hasanudin (makasar) dan raja lainya.
Perkumpulan di BALAI yang berlokasi di sentiong yang kini di sebut balaraja adalah tempat untukberdiskusi para raja. Hingga akhirnya tempat yang sekarang di sebut balaraja sebenarnya untuk mengenang kembali tentang perkumpulan para raja tersebut. Dan dalam perkembanganya, wilayah yang sekarang kini adalah wilayah balaraja mengandung hal-halyang mistik. Pada zaman dahulu kala, di balaraja di kuasaioleh para pedagangarab, cina dan bangsa eropa. Hingga akhirnya terjadi persaingan antar pedagang yang notabene di kuasai penuh oleh bangsa cina.
Sejalan dengan itu, kekuasaan yang didominasi oleh bangsa cina ini menjadi para pedagang arab merasa khawatir. Hingga akhirnya timbulah persainganyang tidak sehat. Puncaknya terjadi pembatanain oleh bangsa arab terhadap orang-orang tionghoa di zaman itu. Mendengar akan ketidakharmonisan di tempat berkumpulnya para raja. Menjadikan para raja menyelesaikan masalah yang tidak mennemukan titik temu. Antara pedagang arab dan cinapun saling bekerjasa sama dalam hal perdagangan kembali.
Di satu sisi, persaingan antar pedagang arab-cinayang menjadikan sumber awal mula terdinya sejarah balaraja yang memang sulit dicerna oleh otak. Sejarah memang timbul dari berbagai persepsi. Di sini sejarah balaraja sebagai tempat persinggahan para raja menjadi kisah yang perlu untuk diceritakan. Persepsi lain tentang sejarah balaraja pernah diungkapkan oleh sejarawan Cisoka bernama Hendri. Ia mengatakan bahwa balaraja berasal dari dua istilah kata.BALA dan RAJA. Bala disini mengandung arti yang bermakna pasukan. Sedangkan Raja adalah pemimpin. Jadi dalam hal ini balaraja adalah pasukan yang memimpin untuk perang. Sehingga jelas bahwa tidak ada kaitannya dengan persaingan antar pedagang arab-cina.
Disamping itu, sejarah balaraja juga timbul dari pengaruh kerajaan hindu-budha. Kononpada saat itu balaraja merupakanbagian dari koloni kerajaan majapahit. Bahkan balaraja bagian dari kasindenan kerajaan mataram. Sebagai mana di kisahkan oleh mpu tantular dalam buku sutasoma. Balaraja terkenal dengan wilayah yang dispesialkan dalam wilayah kekuasaannya. Rajaaswawarman sebagiraja dari kerajaan hindu (majapahit) kerap menyebut balaraja sebagai kasindenan yang berpengaruh. Jadi dalam hal ini balaraja selalu berkaitan dengan kerajaan-kerajaan kuno yang mistik.
Di kisahkan pula bahwa asal muasal balaraja juga dari pertempuran bratayuda antara amarta dan kurawa. Bagaimana pada saat itu, kurawa yang terdiri dari pasukan raksaksa bertempur dengan arjuna dari pasukanmanusia. Arjuna sendiri adalah penguasa dari kerajaan amarta. Di saat itulah ada pasukan kurawa yang bernama brajawjiya lari ke selatan tangerang (balaraja). Hal itu dikarenakan pasukan kurawa mengalami kekalahan. Larinya brawijaya ke selatan tangerang menjadikan rasa kehwatiran bagi amarta. Sehingga menyuruh pasukannya untuk mencari keberadaanbrawijaya. Akhirnya brawijaya meninggaldalam pertempuran yang di menangkan oleh amarta. Brawijaya meninggaldi selatan tangerang yang kinidi sebut balaraja yang tak lain dan tak bukan adalah brawijaya yang kita kenal sekarang balaraja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar